#pasjum

Tahu Pasjum?
Pasar Jumat.

Semua bermula dari sini. Termasuk kenapa kemarin saya gak nyetor tulisan #day10 karena 'sibuk' pasjum. Ya jualan, ya cuci mata :p Tau-tau ketiduran dan terbangun udah lewat hari Jumat-nya. Lalu, bukannya langsung nulis blog, malah scan pasjum dulu.. qiqiqi..

Pasjum yang saya ceritakan ini berupa pasar online yang hanya dibuka di hari Jumat, di sebuah forum/grup internal rekan-rekan alumni kampus. Memang sih, aktivitas pasjum ini yang membuat interaksi di grup makin menggeliat. Tapi mudah-mudahan, semakin banyaknya member yang daftar bukan semata-mata pengen ikutan pasjum doang ya, karena aselinya ini grup untuk saling sharing urusan per-emak-emak-an alias motherhood. Ih..seru loh ikutan grup kayak gini. Gak punya? Sok bikin sendiri barengan temen-temen sealmamater ya ;)

Dari awal nikah, paksu udah wanti-wanti ntar saya suruh ikutan grup ini. Barulah ikutan pas udah lahiran. Sampe akhirnya ikutan pula support group ASI eksklusifnya (bermangpaat bangeeetttt!!). Juga, ketularan lah jadi penjual di pasjum tersebut. Voila, terbentuklah Mamamaw pada 13 November 2013 (ihiiy..). Jualan sih jualan ya, tapi belanjanya juga lebih besar daripada tiang.. (tiang naon Nday? :D)

Setelah dua tahun malang melintang di dunia jual beli, aku perhatiin jual-beli online terutama di grup (baik FB maupun WA) itu menimbulkan budaya 'latah'. Harap digarisbawahi, ini mah riset dan kesimpulan saya sendiri. Sekarang saya lagi banyak-banyak ta'awudz supaya ga keterusan latah. Karena, angka di rekening ko makin tipis ya.. Qiqiqi..

Fenomena latah yang akan dibahas ini dari segi pembeli ya. Tentang penjual, ntar saya akan bikin tulisan tersendiri, okeh.

Okey. Latah. Maksudnya gimana tuh?

Yaaaah.. jual-beli online kan ga pegang barang langsung tuuuh.. Jadi kekuatannya di foto dan tulisan. Foto keren, caption menarik? Klop. Apalagi kalo impor, diskon, free ongkir, atau garsel alias Garage Sale. Beuuh. Rame! Langsung deh komen semacam:
"Mau yaaa"
"Mau 1"
"Waa muraaah.. mau doong"
"Wiii lg promo, mau teeeh"
"Masih ada Teh? aku mauu"
"Aaaak telaat.. bisa pesen teh?"
"Racuuuun pisaaaan.."
daaaan sederet komen serupa lainnya bertebaran.

Apa yang terjadi kalo ada barang keren, harga nyungsep, dan peminat banyak banget?
IKUTAN KABITA. Bener gak?
Oh salah ya? Jangan-jangan itu mah saya aja.. wkwkwkwk :p

Baiklah, mungkin ini saya aja ya. Kalo gak langsung buru-buru ikut beli, akhirnya memilih ditunda tapi jadi kepikiran :p. Atau malah bersyukur saat keabisan karena bikin 'token aman'. Atau menyesal tiada dua lalu curhat ke suami kehabisan barang inceran. Meski respon suami: "Beli apa lagi sih kamu teh?" khekhekhe...

Kerasa banget itu efek latah. Terutama di saya mah beli BUKU. Sesekali baju, kerudung, mainan, makanan, dan garselan tentu saja. Rasanya, kalo orang lain punya, masa saya ngga. Kalo si teteh itu ngasih stimulasi lewat itu, masa anak saya engga. Dan seterusnya..

Akhirnya, akhir tahun lalu, sampailah saya pada saat melihat isi lemari baju makin numpuk, kamar berantakan ga ada tempat lagi, dan membuka dus-dus yang berisi puluhan buku-buku keren (hasil berburu dua tahun lalu kayaknya..) yang sudah CUKUP untuk wawasan anak-anakku sampai usia SMP wkwkwk.. alhamdulillah.

Jadi sekarang lagi mencoba agak ngerem belanja. Cari yang memang sangat butuh. Tutup mata dari komen dan like ratusan. Ngerem beli buku (paling susah). Cukup sudah untuk ensiklopedia. Cukup sudah untuk parenting (masih ada 20an kali belom kebaca). Untuk buku anak cari yang beneeeeeer-bener butuh dan yang memang susah dicari di tempat lain aja. Kalo kira-kira di toko buku masih banyak segambreng, kalem we Nday. Masih ada perpustakaan.
Hasil jajan online dalam salah satu rak. Masih ada rak lain dan sejumlah dus gede lainnya. upsss



Untuk baju, aturannya kalau mau beli baru, harus ada yang keluar dalam jumlah sama. Berlaku untuk kerudung. Untuk mainan, cobalah bikin dulu dari yang ada atau stimulasi dengan cara lain yang goal-nya serupa (memanfaatkan secetek ilmu ngajar TK dan seciprat kreativitas yang mudah menguap) Udah itu aja. Yang lain mah jarang juga jajannya. Paling makanan. Tapi lebih tergoda kalo ke supermarket. Ah iya, online mah yang non-MSG, non pengawet, non pewarna, halal.....ah susah nolaknya.. karena buat Sadie.. (alesaaaan..hehehehe belajar masak sana!)

Yah itulah efek pasjum atau jual beli online dalam satu grup. Bikin konsumtif berjamaah. Latah padahal gak butuh-butuh amat. Kecuali udah naksir lamaaaa nabung lamaaa taunya diskon 40%. Jebret aja itu mah, ya. Hehehe.. Ih padahal kalo ke mall saya jarang belanja loh. Makan aja palingan.

Well, hati-hati Nday, sama godaan belanja.. Hikmahnya, jadi ngaca dan belajar lebih bijak dalam mengambil keputusan. Gak impulsif. Ah.. semoga saya bisa. A'udzubillahi minasy syaithaanirrajiim..
Bismillahirrahmaanirrahiim!!

#ODOPfor99Days

No comments:

Post a Comment

Sok atuh kasih komentar dulu sama curhatan si gue inih....