Menganggap Wall Sebagai Ruang Privasi

Punya Facebook? Iya lah. Udah 2010 getooooo, pasti punya yah. *gak ada hubungannya sih :p*
Dan gw gak akan aneh kalo yang punya facebook tuh suka maen pake aja seenak jidat tanpa tau aturannya, salah satunya pada aplikasi wall yang paling laku itu.

Dulu, taun lalu (sok-sok 2010 banget ya gw), berawal dari ide iseng gw ingin tau reaksi orang, gw mencoba komen di salah satu tulisan wall temen gw (sebut saja Dodong) di temennya (sebut saja Dudung). Dudung itu juga termasuk dalam friendlist gw, makanya gw bisa komen. Entah kenapa ide iseng gw itu ditanggapi suatu kata yang gw ga ngerti (yang selanjutnya gw desak aja gw tanyain maksudnya apa, karena emang gw gak ngerti maksudnya apa). Setelah itu sempet dibales dengan tulisan berbahasa Sunda yang bagi gw, karena Mama pernah mendidik gw, itu kasar banget...Wow wow wow.. Kenapa sih?

Eh...karena pertanyaan gw gak dijawab-jawab, ya gw tanya terus dong. Gw mah takut salah paham aja. Berusaha meng-clear-kan lah tadinya mah. Daripada nuduh, mending nanya, ya gak? Tiba-tiba dateng dong temennya yang lain (sebut saja Dadang), yang-menurut gw-nyindir gw udah gak sopan komen-komen di wall orang yang merupakan dialog pribadi 2 belah pihak. WHAAAAAT???

Kalo cari privasi mah ya, tulis aja di message atuh. Ya gak? Curiga gw, mereka gak tau Terms dan Privacy Policy-nya Facebook. Gw juga gak baca sih pas daftar. Tapi sekarang-sekarang gw baca, gw jadi tau bahwa kalo udah ngewall dan gak di-private, ya itu emang diperuntukkan buat konsumsi publik lah. Tahvava memang.

Padahal temen gw yang lain (Senny dan Ridwan si sepasang kekasih) gak masalah gw nimbrung di wall mereka. Yah emang kalo udah temen mah sekalian dianggap silaturahmi aja, ya gak?

haa,,,kekecilan yah ga kliatan? Biar ah. pokonya mah nyontohin. :p Klik aja kali biar jelas.

Nah belom lagi abis itu, setelah gw duluan meminta maaf (males gw ribut tengah malam ma orang gak kenal) Dadang tiba-tiba bilang kalau dia berusaha netral. Ha. Yang ada dia nyindir temen gw yang lain yang ikut komen di situ dan sama sekali tidak menegur temannya sendiri a.k.a Dudung yang sudah berkata kasar yang (menurut gw, ya mungkin gw nuduh, tapi silakan akui dalan hati saja) ditujukan untuk teman gw yang lain. Was that called being neutral? D'uh.

Pesan gw: Baca tuh terms kalo mau gaul aman dan tepat di dunia maya.
Pelajaran yang gw dapet setelah 'keributan' mereda: Gak usah iseng malem-malem ah! :D

6 comments:

  1. hahaha.. aku juga sempet nulis yang hampir mirip seperti ini teh..
    dan sepertinya memang kita membicarakan kasus yang sama =))

    ReplyDelete
  2. ahahaahha... perlu dikasih pelajaran soalnya. tapi sayangnya niat tulus saya membantu mereka mengerti tidak disambut baik. :( biarkan mereka begitu adanya deh.. :p

    ReplyDelete
  3. lagiaaan...sejak kapan wall bisa disebut ranah privasi?? klo mau private mah atuh lah...IM saja, atau tulis message ke inbox masing2...

    kadang orang teh nggak ngerti mana yang privasi mana yang bukan..jangan2 mereka nggak ngerti klo apa yang mereka lakukan itu bisa disebut... exhibitionist wakakakak

    ReplyDelete
  4. nah itu muth, ITU yang udah gw bilangin.. eh tetep aja da mereka mah nganggepnya gw yang gak beretika tiba2 muncul di situ... dari situ udah langsung keliatan da segimana kepandaian mereka segimana dalam menghadapi situasi... -_-

    ReplyDelete
  5. kesimpulannya cuma satu tuh...mereka goblok banget!! *sorry ye kejam :p*

    ReplyDelete
  6. hahaha..
    saya jadi tertawa melihat komennya :p

    ReplyDelete

Sok atuh kasih komentar dulu sama curhatan si gue inih....