Tempat Gue Bermain (Online)

Bukan, bukan maen game online kayak Pangya atau Warcarft atau apalah itu. Tapi maksudnya gw mau menuliskan apa aja yang membuat gw keranjingan gak mau gerak dari depan komputer yang connect ke internet. :)

Dulu waktu tahu 2006-an akhir, tentu gue sangat betah maen di Friendster. Terutama kepo-kepo lihat profile orang dan curhat di blog. Hahaha.. Seneng aja gitu waktu itu mah banyak yang komenin blognya. Daripada di sini kan suka jarang yang komen (dari dulu sampe sekarang itu mah).

Nah, tahun 2007an, di kampus, gak punya (atau belum bayar) akun AI3 (voucher internet) gue jadi keranjingan nge-junk di rileks. Berhubung gue (tadinya) pengen jadi veteran (user dengan 1000 posting) sebelum lulus (tapi gagal). Nick Inday waktu itu cukup dikenal lah.. dikarenakan ada IFC (Inday Fans Club booooo) di forum Junker Paradiso-nya.



Memasuki tahun 2008, karena konsep yang semakin menarik (dan friendster dicumi), gue jadi sering nengok Facebook. Seperti juga sebagian besar manusia lainnya di Indonesia bukan? :D (Eh di Indonesia mah mulai edan banget nya 2009 deng). Gw maenin kuis-kuis dan aplikasi-aplikasinya betah bener.

Tahun 2009 adalah tahun di mana gue makin kenal online social media gara-gara dihujani info-info dari si Aiy yang suatu hari nanti jadi seseorang yang tercatat dalam sejalah komunikasi visual periklanan media online di Indonesia (amin! :p). Makin nge-junk di plurk karena ngejar karma pengen di nirvana, maen game-game dan update status juga foto-foto di facebook, dan tidak lupa menghidupkan lagi blog tercinta yang satu ini yang sempat seperti tak bertuan... :(

this image is taken from

Akhir tahun 2009, udah pasang modem internet di rumah. Makin menggila aja gue eksis di dunia maya. Mulai merasa bosan sama plurk dan facebook. Tapi dunia maya memang tidak selebar daun kelor. Banyak pisan pilihannya. Pokonya mah, gw mau melakukan apapun yang fun (juga sebisa mungkin tetep positif) yang bisa gw lakukan dengan internet ini.

Yeaaah... 2010, Januari gw mulai getol maen di Tumblr, mencoba mengenal 'cara main' nya dan following tumblr-tumblr yang menarik. Secara tak sengaja gw memutuskan hubungan update status plurk dan facebook. Gak lama setelah itu putus pula hubungan plurk dan twitternya juga. Membuat gue ingin lebih kenal dan mempelajari tiap social media itu. Apa untung ruginya. Kelebihan dan kekurangan masing-masing. Gak cuma asal pake, update sana sini. Dan sambil tetap mengeksiskan diri, gue bikin akun di Flavors.me. Oh iya, ada satu maenan cantik juga yang gw mulai getolin walau lebih seringnya sih kehabisan ide: looklet.

Februari 2010, gw ada proyek 1 hari 1 foto sama Aiy, jadi gw mesti mengapdet blog satu itu walau tidak setiap hari. Mencoba ngoprol, gak terlalu betah, tapi suka sama fitur me-review tempat hang out-nya. Mulai mengapdet linkedin karena siapa tahu kan dapet link-link bagus untuk karir (amin!). Tapi gue paling signifikannya jadi getol twitteran!!! Hahaha.. follow and being followed sama orang-orang keren, baru kenal di situ. Penting bukan? :p Hahaha, iya gue tau gue telat. Daaan, well, setelah 952 hari terlupakan, kemaren gue buka goodreads, lupa password sih, tapi langsung diganti. Tadi banget sebelum nulis ini, gue telah me-rating lebih dari 20 buku. Besok-besok lanjut lagi ah. Yoiii... tempat main baruuuuuu.... (note: baru bagi gue loh ya, karena baru gue kunjungi lagi).

Asik ya ternyata nyoba ini itu dan lalu mengumpulkannya di satu tempat jadi orang lain bisa lihat kita eksisnya di mana aja. (Ah iya, kalo mau lihat tempat eksis gue di dunia maya yang lain, lihat aja di sidebar, di section My Other Worlds. Coba yang see my vCard klik aja deh. Hehe). Gw jadi menyukai cara ini. Menghapuskan niatan gw untuk punya web sendiri (gak tau sih kalo ntar). Terlebih lagi setelah tau blogspot bisa diinstall template macem-macem lucu-lucu tanpa harus upgrade jadi berbayar seperti layanan blog tetangga. Kalo bisa gratis dan fun, kenapa engga? :)

Nnnnaaah... sekarang tinggal gimana caranya gw memaksimalkan potensi social media ini untuk making money, untuk membuat otak gue tetep kepake, untuk membuat gue makin dewasa, untuk membuat gue gak cuma nyampah di dunia maya. SIP! Doakan saya selalu ingat tujuan mulia ini yah.. :D

Oh iya baydewey, barusan ngecek Tumblr ternyata di-follow sama seseorang dari UK karena tertarik ama Tumblr page gue, jadi seneng tau. 

4 comments:

  1. saya mah ga banyak2...
    cukup rileks, facebook, plurk dan ym....
    malas kalo terlalu banyak....

    ReplyDelete
  2. malesnya kalo bikin banyak tuh ya ribet ngurusnya . . .

    ReplyDelete
  3. ngga ko ga ribet.. bener deh. :p yang penting mah 'fokus' aja tiap2 tempat maen yang beda itu 'isi'nya dan 'tujuan'nya apa. jadi saat inget sesuatu, pgn 'A' misalnya, mesti ke tempat maen '#1' gitu.. jadi ga tumpang tindih.. :D

    ReplyDelete

Sok atuh kasih komentar dulu sama curhatan si gue inih....