Riset Lah..Prestasi Akademik Lah... Apa itu...

2010 nanti kampus gw mau jadi universitas riset. Katanya.

Untuk menuju kesitu, yang gw rasain waktu masih kuliah (dan sering ngampus) adalah kegiatan di kampus yang bernuansa kemahasiswaan dan jauh dari ngerjain tugas kuliah itu semakin dipersempit. Semakin dilarang-larang. Kenapa mesti gitu sih?

Gw bukannya gak setuju si kampus gw itu jadi universitas riset. Tapi tolonglah kalo emang tujuannya mau ngebangun bangsa tuh sesuaikan sama kebudayaan...

Gini loh, universitas riset di negara lain tuh bisa ada karena kultur riset mereka emang kuat. Negara mereka emang gitu. Belom lagi lulusan-lulusannya juga ada wadah yang menampungnya. Banyak. Dan memang mereka negara maju. Pikirannya udah bukan pemenuhan kebutuhan pangan lagi..tapi ya riset itu. Trus mahasiswa luar kan kuliahnya emang ya buat studi aja. Mendalami bidang yang diambil. Lah Indonesia? Belum bisa Indonesia kayak gitu. Gak bisa dipaksain anak Indonesia kuliahnya hanya belajar aja di kelas.

Sama kayak waktu gw baru pulang dari Belanda, rasanya stresssss banget sama transportasi di Indonesia, cara pikir orang-orang Indonesia. Tapi ya emang kulturnya gitu. Kita cuma perlu sesuaikan gimana dengan kultur kayak gitu bisa gak kalah maju dari negara lain. Bukan malah nyontek sistem dari tempat yang kulturnya beda.

Misal nih ya, gw nih lulusan Astronomi. Eh contoh lain aja deh (soalnya gw gak pinter :p). Temen gw tuh banyak yang ampe ambil gelar doktor untuk astronominya. Terus, ujung-ujungnya mau jadi apa? jadi dosen kan? Mau jadi apa lagi di Indonesia? Bukan profesi dosen itu gak baik, tapi seakan gak punya pilihan, gitu.

Hubungannya sama judul tulisan ini, karena kampus gw kayaknya makin mentingin prestasi akademik daripada kehebatannya berorganisasi dan bersosialisasi. Demikian juga cara pikir mahasiswa-mahasiswanya sekarang. Padahal di kampus tuh ladang belajar softskill informalnya banyak loh. Sayang banget.

So, please lah...gak usah sok-sok prestasi akademik yang lebih penting di atas segalanya. Apalagi kalo sampe merasa prestasi akademik lebih penting daripada norma/etika atau rasa toleransi.

8 comments:

  1. emang udah sebanyak apa mahasiswa yang sudah mentingin riset dan produk keilmuan?
    (yang mentingin nilai sih banyak)

    tapi setuju, sih. terlalu dipaksain dengan keadaan Indonesia yang kulturnya beda.

    mau berorganisasi disuruh ngejar akademik.
    giliran mau riset, dana dan fasilitas gak dikasih banyak-banyak.

    ReplyDelete
  2. Iya aneh, semuanya serba nanggung, malah jadi bingung sendiri mau ngapain...

    ReplyDelete
  3. Kalo soal kultur sih saya ndak sependapat. Justru kultur riset di luar negeri itu patut ditiru.

    Lalu siapa kata "mahasiswa luar kan kuliahnya emang ya buat studi aja"? Gak bener ini mah. Sayah ga pernah ke luar negeri, tapi yang saya tau, kok di Prancis mahasiswanya rajin demo soal buruh, dan di Inggris ada himpunan mahasiswa jurusannya.

    Lalu profesi jadi dosen dan "gak punya pilihan", saya rasa kok aneh juga ya: mereka yang kuliah sampai S3 itu kan paham apa yang mereka lakukan dan tau mau jadi apa mereka kelak, kecuali segelintir yang emang sok-sokan aja.

    Soal prestasi akademik dan softskill aku setuju, dan emang itulah kekeliruan di Indonesia.

    ReplyDelete
  4. aku liatnya dari kampus2 yang mau aku tuju buat s2 [yang sekarang masih juga cita2...:(], semua kegiatan hanya untuk studi. dan emang bagus, karena ada wadahnya nantinya.

    nah kalo maksudku yang s3 itu kan kalo di luar pilihan untuk jadi penelitinya banyak bgt...misal astro, gak cuma hanya ke lapan aja pilihannya.

    kultur riset emang perlu ditiru..tapi coba dari jumlah total penduduk indonesia, berapa sih yang emang mikir riset itu perlu? berapa sih yang bisa menganggap peneliti itu mengemban tugas penting turut membangun bangsa? sodara dan temen2 gw aja banyak yang bingung gw mau jadi apa ngambil astro.

    Ko gw jadi ngebahas yang ginian yah...ahahahahahaa.. :p

    ReplyDelete
  5. aku liatnya dari kampus2 yang mau aku tuju buat s2 [yang sekarang masih juga cita2...:(], semua kegiatan hanya untuk studi. dan emang bagus, karena ada wadahnya nantinya.
    Yah, liatnya graduate school sih. Undergraduatenya dong. Kalo pascasarjana kan emang kuliah doang.

    kultur riset emang perlu ditiru..tapi coba dari jumlah total penduduk indonesia, berapa sih yang emang mikir riset itu perlu? berapa sih yang bisa menganggap peneliti itu mengemban tugas penting turut membangun bangsa? sodara dan temen2 gw aja banyak yang bingung gw mau jadi apa ngambil astro.
    Emangnya di luar negeri masyarakat awamnya menganggap riset itu penting? Emang masyarakatnya menganggap peneliti ikut membangun bangsa?

    Saya pikir masyarakat awam dimana-mana sama saja. Memang benar, kepedulian orang di luar negeri terhadap scientist lebih besar dibandingkan di Indonesia, tapi itu karena masyarakat akademisnya punya kultur yang kuat yang "sedang dicoba dibangun" I*B itu.

    Saya sepakat dengan pembangunan kultur akademis. Yang saya gak suka adalah, di I*B pembangunan kultur itu "memakan korban".

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Kultur riset ?
    Riset yg kayak apa ? Kadang2 juga nggak jelas tuh definisi riset di ITB itu musti kayak apa...

    Mau banyak bikin paper ? Yah mungkin masih bisa lah..

    Mau banyak bikin produk ? Paling lieur bikin produk, orang akademik disuruh bikin produk, paling tinggi mah bikin prototipe, atau showcase...

    Malah akhirnya suruh belajar doang, tapi skill gak punya. Kayak anak elektro jaman skr, berapa banyak yg ngerti praktikal nya ? Ujung2 nya cuma bisa kerja di luar, gak bisa bikin sesuatu sendiri, karena di ITB nya cuma ngajarin teori yg gak dekat ke praktek...

    Yah yang penting di ITB masih bisa berinteraksi aja udah bagus, bisa membangun diri disini, walaupun secara institusi agak2 nggak jelas mau kemana :)

    ReplyDelete
  8. ^
    @mas Affan

    heu... jadi ternyata yang ngerasa bingung dan serba kagok itu gak cuma aku ja..? :D
    Memang mesti seimbang nih skill otak kanan dan kiri.. ;)
    fuuuh...

    ReplyDelete

Sok atuh kasih komentar dulu sama curhatan si gue inih....